Dampak Program Komputer


Di abad ke-20 ini teknologi sangat berkembang pesat. Dimana manusia di kelilingi dengan serba teknologi yang tidak bisa lepas dari ke hidupannya. Akan tetapi tahukah anda teknologi pun tidak bisa di gunakan tanpa sebuah program (software). Dimana program (software) telah berkembang pesat juga di bidang komunikasi visual. Seperti, Adobe photoshop, CorelDraw, 3DXMAX, Flash,Dreamweaver, dll. Program (software) tersebut akan berjalan sesuai keinginan user, sehingga program tersebut akan berdampak positif, jika digunakan semestinya. Dan akan berdampak negatif jika di salah gunakan. Disini saya akan memberikan salah satu dampak dari program(software) tersebut yaitu; Adobe photoshop.

Adobe Photoshop, atau biasa disebut Photoshop, adalah perangkat lunak editor citra buatan Adobe Systems yang dikhususkan untuk pengeditan foto/gambar dan pembuatan efek. Perangkat lunak ini banyak digunakan oleh fotografer digital dan perusahaan iklan sehingga dianggap sebagai pemimpin pasar (market leader) untuk perangkat lunak pengolah gambar, dan, bersama Adobe Acrobat, dianggap sebagai produk terbaik yang pernah diproduksi oleh Adobe Systems. Versi kedelapan aplikasi ini disebut dengan nama Photoshop CS (Creative Suite), versi sembilan disebut Photoshop CS2, versi sepuluh disebut Adobe Photoshop CS3 , dan versi yang terakhir (kesebelas) adalah Adobe Photoshop CS4.
Pengembangan manipulasi gambar digital banyak mempengaruhi industri fotografi. Pengembangan tersebut menciptakan seni pengolah gambar (photo retouching) dan mengubah cara kerja: produk yang biasanya hanya dapat diciptakan oleh fotografer profesional selama berjam-jam atau bahkan berhari-hari, kini dapat diproduksi oleh seniman amatir sekalipun. Manipulasi gambar digital telah menyumbang begitu banyak hal kepada dunia fotografi dengan memungkinkan manipulasi yang awalnya sulit atau bahkan tak mungkin. Photoshop berperan besar dalam perkembangan dunia digital saat ini.

Pada masa revolusi fotografi digital di tahun 90-an, Photoshop menjadi standar di dunia industri. Banyak fotografer yang menggunakan program ini untuk mengoptimalkan hasil akhir foto yang mereka ciptakan.
Dengan kehadiran tablet grafik, terutama dari Wacom, program seperti Adobe Photoshop dan Corel Painter semakin dibutuhkan untuk menciptakan gambar orisinal. Dengan menggunakan pressure sensitive tablet dapat meningkatkan efek paint brush, eraser, atau tool lainnya. Tablet digunakan secara global oleh para ilustrator komik profesional, arsitek, seniman studio, dan lainnya. Bahkan ILM, perusahaan spesial efek yang berperan dalam produksi film Star Wars, menggunakan tablet yang dikombinasikan dengan Photoshop untuk mengoptimalkan hasil-produksinya. (Sumber : Wikipedia)

Dampak Positif dari photoshop adalah :

1. Dapat digunakan untuk desain web

Contoh Web Menggunakan Adobe Photoshop

2. Dapat digunakan untuk seni mengedit foto


Contoh Seni Mengedit Foto pada Photoshop

3. Memperbaiki Foto

Memperbaiki Foto yang berjerawat

Dampak negatif dari photoshop
1. Digunakan untuk mencemarkan nama orang lain

Cara ini digunakan oleh orang yang tak bertanggung jawab untuk mencemarkan nama baik seseorang atau dengan alasan lain. Foto Sandra Dewi yang diambil oleh salah seorang fotografer KapanLagi.com dibugilkan oleh orang tidak bertanggungjawab di internet. Foto tersebut sebenarnya adalah foto sopan saat Sandra menghadiri acara ‘Natur-E Women’s Moment’ di The Buffet Mall Ciputra Jakarta, bulan Februari lalu. Dan dengan kreativitas usil, Sandra disulap jadi bugil lewat sentuhan photoshop.

Jadi Positif Negatif suatu program itu tergantung dari penggunanya. sebaiknya kita menggunakan program pada fungsinya masing masing.

Terima kasih, Wassalam..

0 komentar:

Posting Komentar

99designs is #1 for Logo Design