SUL-SEL TAMPIL MEMUKAU DI WESC 2010


Kekayaan budaya Sulawesi Selatan kembali memukau di panggung dunia. kali ini dalam World Expo Shanghai China 2010 (WESC 2010), sulawesi selatan yang diwakili oleh para seniman dari Yayasan Kesenian Batara Gowa yang berada di Kota Shanghai, China sejak tanggal 1 september 2010 berhasil menarik pengunjung WESC 2010 untuk datang ke Paviliun Indonesia.


Bahkan sabtu (11/9) pekan lalu jumlah pengunjung paviliun indonesia telah mencapai enam juta orang, melebihi target sebelumnya yakni tiga juta orang. antusiasme pengunjung terlihat ketika para penari membawakan "tari bosara" dimana para pengunjung yang didominasi warga china berebutan untuk mendapatkan kue-kue tradisional sulawesi selatan yang dibagikan oleh penari. kegembiraan mereka juga semakin bertambah ketika para penari mengajak pengunjung untuk ma'lulo (menari bersama) diatas panggung yang sudah didekorasi khusus dengan ornamen-ornamen khas bugis-makassar.


Para pejabat negara juga terus berdatangan untuk menonton pertunjukan kesenian dari sulawesi selatan antara lain, Ibu Marie Elka Pangestu (Menteri Perdagangan), Bapak Muhaimin Iskandar (Menteri tenaga kerja dan transmigrasi), Ibu Linda Gumelar (Menteri Negara Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak), Bapak Gusti Muhammad Hatta (Menteri Lingkungan Hidup), Bapak Purnomo Yusgiantoro (Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral), Bapak Fauzi Bowo (GUbernur DKI Jakarta), dan Atase-atase perdagangan Republik Indonesia dari 90 Negara. Bahkan Ibu Marie Elka Pangestu secara khusus menyampaikan terima kasih kepada Bapak Gubernur Sulawesi Selatan atas partisipasi team kesenian Sulawesi Selatan karena telah bersedia untuk tampil di Shanghai walaupun sedang menjalankan ibadah puasa dan hari raya Idul Fitri.


Rencananya Selasa (20/9) ini Yayasan Kesenian Batara Gowa yang dipimpin langsung oleh Andi Ummu Tunru akan melakukan pertunjukan ke-100 di panggung paviliun Indonesia. Diharapkan melalui pertunjukan seni dan budaya ini dapat membangun national branding dan promosi pariwisata Indonesia kepada jutaan warga dunia yang akan berkunjung ke World Expo Shanghai China 2010.


Adapun Kesenian yang tampilkan:
  • Tari Pakarena Ma'lino
  • Tari Sabulang Toraja
  • Tari Pajoge Macenning
  • Tari Anging Mammiri
  • Tari Bosara
  • Tari Maleke'na
  • Tari Pa'rimpungang (4 etnis)
  • MUsik Dendang Gandrang Bulo
  • Musik Parabana Doleng-doleng
  • Orkes Turiolo
  • Cerita Rakyat Kondobuleng
Display dekorasi Lamming Bugis Makassar.
sumber:Yayasan Kesenian Batara Gowa.

Terimakasih kepada Yayasan Kesenian Batara Gowa, telah mengenalkan kesenian dan budaya Sulawesi Selatan di mata Dunia.. SUKSES SELALU :)

UKMS IT TELKOM BANDUNG



0 komentar:

Posting Komentar

99designs is #1 for Logo Design